ASN Tetap Jadi Primadona, Faktanya Sudah 3,82 Juta Orang Mendaftar CPNS

ASN Tetap Jadi Primadona, Faktanya Sudah 3,82 Juta Orang Mendaftar CPNS


Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati, Pekerjaan sebagai Abdi Negara yang selama ini lebih populer dengan sebutan PNS awalnya hanya dipandang sebelah mata namun seiring waktu derajat kesejahteraan pegawai negeri yang bernaung dibawah KORPRI tersebut makin meningkat sejalan dengan penguatan peran dan profesionalitasnya yang diperlukan dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Perubahan paradigma dan mindset ASN dengan berbasis kinerja menjadi fokus dari reformasi birokrasi, kedepan aparatur sipil negara diharapkan menjadi salah satu pilar penting penyangga pembangunan nasional. Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (SesmenPAN-RB) Dwi Wahyu Atmaji mengungkapkan, pengadaan CPNS 2018 merupakan investasi SDM aparatur. Kalau gagal, maka proses manajemen ASN (aparatur sipil negara) selanjutnya juga akan gagal.
Reformasi manajemen SDM merupakan salah satu pilar dalam mewujudkan SDM yang berkualitas. Untuk mencapai tujuan itu, seleksi CPNS sepenuhnya menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sistem ini menjamin pelaksanaan seleksi CPNS berlangsung kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dan bebas dari KKN, serta tidak dipungut biaya.

Berikut Jadwal dan Tahapan Penerimaan CPNS 2018 :



Jelang penutupan pendaftaran sudah tercatat 3,82 juta pelamar CPNS di lebih dari 600 instansi pemerintah yang melakukan pengadaan CPNS. Hampir seluruh kabupaten/kota di Indonesia membuka lowongan CPNS. Pelaksanaan seleksi juga dilakukan di berbagai daerah, dengan menggunakan CAT Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan CAT Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nantinya dalam proses pengadaan CPNS ini terdapat 873 lokasi tes yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan Sistem yang transparan diyakini dalam seleksi CPNS 2018 ini pemerintah akan mendapatkan calon-calon Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik untuk membangun negeri.